Selasa, Januari 06, 2009

AU REVOIR 2008




2009 baru berjalan beberapa hari, membuat kita masih mengenang kejadian-kejadian pada tahun 2008.. Banyak berita yang membuat emosi kita bergejolak, dari yang senang, sedih, mengejutkan, atau banyak yang lainnya.. Berikut gw akan menampilkan sedikit kaleidoskop yang ter jadi pada tahun 2008:

1. JANUARY:
  • Radiohead merilis album ke-7nya yang berjudul "In Rainbows". uniknya, sebelum merilis dalam bentuk physical, radiohead merilisnya dalam bentuk digital download. Album ini mendapat respon yang baik dari para kritikus
  • Single "Low" dari Flo Rida berhadil menjadi juara di Billboard Hot 100 selama bulan Januari ini, bahkan sampai pertengahan bulan maret.. Lagu inipun menjadi salah satu lagu terbaik tahun 2008
2. FEBRUARY:
  • Acara terbesar dalam bidang musik "Grammy Awards" pun digelar.. Pada tahun yang ke-50 ini, Grammy Awards menampilkan banayk performance yang mencengangkan.. Pada tahun ini, Amy Winehouse berhasil sebagai juara umum dengan menyabet 5 gelar dari 6 nominasi yang didapatkannya termasuk record of the year, song of the year dan best new artist.. selain itu beberapa artist yang membawa pulang penghargaan seperti Justin Timberlake, Maroon 5, Foo Fighters, Alicia Keys, Kanye West, Rihanna, dsb..
  • Setelah menyatakan reuni dan mengadakan konser bersama tahun 2007, Spice Girls mengumumkan bahwa konser di Toronto menjadi konser terakhir mereka, dan mereka kembali bubar..
3. MARCH:
  • Janet Jackson kembali merilis album ke-10nya ang berjudul "Discipline".. Walaupun album ini mendapat respon positif dari kritikus, album ini menjadi album paling tidak sukses dibanding album2 sebelumnya..
  • Digelarnya acara tahunan "Jakarta International Java Jazz Festival" yang ke-4 di JHCC..
4. APRIL:
  • Lagu "Touch My Body" Mariah Carey berhasil mencapai posisi 1 di Billboard Hot 100, dan lagu ini menjadi lagu ke-18 Mariah yang berhasil menduduki peringkat 1, dan menjadi artist ke 2 setelah The Beatles yang mempunyai single terbanyak yang menduduki peringkat 1 di Billboard Hot 100..
  • Setelah merilis albumnya di UK tahun 2007, kali ini Leona Lewis merilis album "Spirit" di US dan mendapat sambutan yang sangat meriah.. Album ini berhasil melesat ke peringkat 1 pada minggu pertama album ini dirilis disana, dan menjadikannya Penyanyi solo British pertama yang berhasil melakukannya..
5. MAY:
  • Pada bulan ini 2 diva besar dunia Mariah Carey dan Madonna sama-sama mengeluarkan album mereka.. Mariah Carey merilis album ke-11nya "E=MC2" yang pada minggu pertamanya berhasil terjual 463000 kopi di AS dan menjadi opening week terbesar baginya.. lagu 2 minggu berikutnya giliran Madonna yang merilis "Hard Candy" yang langsung menempati peringkat 1 pula di Billboard 200.. Madonna menjadi wanita kedua setelah Barbra Streisand yang album2nya menepati peringkat 1..
  • Setelah 5 bulan acara American Idol bergulir untuk mencari idola terbaiknya, akhirnya pada bulan ini dideklarasikan David Cook sebagai juara American Idol musim ke 7 mengalahkan pesaing beratnya David Archuleta.. Dan menurut gw musim ini adalah musim American Idol terbaik..
6. JUNE:
  • Nama Lil' Wayne mencuat pada bulan ini.. Setelah menorehkan lagu "Lollipop" di posisi 1 Billboard Hot 100, albumnya berhasil terjual lebih dari 1 juta kopi di minggu pertamanya, menjadi album terlaris pada tahun ini.. Album inipun mendapat pujian dari para kritikus dengan menempatkan album ini di 10 besar album terbaik tahun 2008 di berbagai majalah..
  • Pada bulan ini pun, Usher juga merilis album "Here I Stand" yang secara pasar cukup mengecewakan dibandingkan album sebelumnya "Conffesion" yang berhasil mencetak banyak hit dan berstatus diamond id AS (terjual lebih dari 10 juta kopi)
7. JULY:
  • Album paling dinantikan tahun 2008pun dirilis juga. "Viva la Vida and All of His Friends" dari Coldplay dirilis pada bulan ini dan mendapat respon sangat positif dari publik.. terjual lebih dari 700 ribu kopi di minggu pertama di US dan 300 ribu kopi pada 3 hari pertama di UK.. Album ini menjadi album terlaris kedua di AS (Seterlah Lil' Wayne) dan terlaris pertama di dunia pada tahun 2008. Single keduanya pun "Viva La Vida" berhasil menjadi no. 1 di US dan UK, menjadi single pertama yang menjadi juara di kedua negara tersbut..
  • Munculnya bintang baru bernama Katy Perry dengan lagu kontroversialnya "I Kissed a Girl".. Katy Perry langsung menjadi bahan pembicaraan di bidang permusikan dan menjadi awal karir yang cemerlang baginya, karena lagu tersebut menjadi lagu ke1000 yang berhasil menjadi juara di billboard Hot 100
8. AUGUST:
  • The Verve akhirnya Comeback setelah hampir 10 tahun tidak merilis album.. Album ke-4nya "Forth" berhasil terjual lebih dari 70 ribu kopi di UK pada minggu pertamanya dan menjadi posisi no. 1..
  • 2 artist disney berhasil menjual album mereka dengan laris.. Mereka adalah Miley Cyrus dan Jonas Brothers yang menempatkan diri mereka di posisi 1 Billboard Album 200..
9. SEPTEMBER:
  • Acara tahunan MTV "MTV Video Music Awards" kembali digelar pada bulan ini.. 2008 VMA mengalami kenaikan rating dibanding tahun sebelumnya.. Dimeriahkan oleh performances dari Rihanna, Christina Aguilera, T.I., Pink, Kanye West, dsb.. Untuk pemenangnya ternyata membuat kejutan.. Britney Spears yang tidak pernah membawa Moonman (piala yang dimenangkan dari VMA -Red) selama karirnya menjadi juara umum dengan membawa 3 moonman, yang salah satunya adalah Video of The Year untuk lagu "Piece of Me".. Pemenang lainnya adalah Linkin Park, Chris Brown, Tokio Hotel, dsb..
  • Terjadi peristiwa yang mengejutkan pada bulan ini.. South Carolina Learjet 60 mengalami kecelakaan.. dari 6 penumpang didalamnya terdapat 2 musisi terkenal yaitu Travis Barker dan DJ AM.. 4 dari 6 penumpang tersbut tewas, namun Travis dan DJ AM menjadi survivor pada kecelakaan tersebut dengan menderita luka bakar..
10. OCTOBER:
  • Setelah membawa pulang 3 moonmen pada bulan sebelumnya, pada bulan ini Britney Spears merilis Single comebacknya yang berjudul "Womanizer", single ini sungguh menghebohkan dengan berhasil melejit dari posisi 96 ke posisi 1.. Menjadi lagu yang paling jauh naik posisinya di billboard hot 100, dan single pertama dari Britney Spears yang menjadi juara setelah Britney melakukannya pada pertama kali dia merambah di bidang musik dengan lagu "Baby One More Time"..
  • Berita comeback lainnya datang dari Guns N' Roses yang merilis single terbarunya berjudul "Chinese Democracy" setelah tidak mengeluarkan single selama 9 tahun..
11. NOVEMBER:
  • Band lawas AC/DC merilis albumnya yang berjudul "Black Ice" yang terjual lebih dari 1,7 juta kopi di dunia pada minggu pertamanya dan menjadi penjualan pertama terbesar dari mainstream Hard Rock album.
  • Bersamaan dengan dirilisnya film Twilight yang sangat heboh, Original soundtrack dari film tersebutpun mendapat respon yang positif dengan terjual lebih dari 150 ribu kopi pada minggu pertamanya dan menjadi juara di Billboard 200 Albums..
12. DECEMBER:
  • Bulan terakhir bukan berarti menjadi penurunan di industri musik.. Pada bulan ini album comeback Britneypun dirilis dengan judul "Circus" yang berhasil terjual lebih dari 500 ribu kopi dan membuatnya menjadi artis pertama yang menjual 4 albumnya lebih dari 500 ribu kopi..
  • Selain Britney, Kanye West juga merilis album "808's & Heartbreak" yang sampai sekarang tela mendapat label platinum dan Beyonce Knowles yang merilis Double Album "I am.........Sasha Fierce" yang terjual hampir 500 ribu kpi dan mencetak hits no. 1 dengan lagu "Single Ladies" di akhir tahun..
Itulah sedikit kaleidoskop tahun 2008, semoga 2009 menjadi tahun yang fantastis di bidang Musik...

2 komentar:

Danie Cung Cung mengatakan...

weh.. lengkap amat boss.. gw ga kuat bikin beginian.. hahaha.

adr.. mengatakan...

hahaha.. itu malah gak terlalu lengkap menurut gw.. soalnya kebanyakan cuma ngebahas billboard.. abis gw mau nyari sumber2nya ribet.. yaudah deh, seadanya.. haha